top
top
top

Keamanan Bayi Dari Sinar Matahari

Bayi-bayi yang baru lahir selalu diharuskan untuk dijemur di bawah sinar matahari, 10-15 menit setiap harinya. Gunanya adalah untuk mendapatkan vitamin D yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang, serta menghancurkan kolesterol. Sinar matahari bekerja sedemikian rupa merangsang produksi vitamin D oleh tubuh.

Sebenarnya, tidak hanya bayi, orang dewasa pun masih perlu berjemur, bahkan sampai lanjut usia. Namun, tidak di semua periode waktu kita bisa mendapatkan manfaat sinar matahari. Periode terbaik adalah pagi hari, pukul 07.00-09.00. Saat itu, sinar matahari belum terlalu terik.

Sebab, sinar matahari yang terlalu kuat justru berpotensi merusak kulit. Anda bisa menjemur bayi sambil menyusui bayi  anda atau meletakkannya di tempat tidur bayi, di  area  yang terkena sinar matahari. Perihal menjemur bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan bayi dari sinar matahari.

Pertama, jangan sampai sinar matahari mengenai matanya secara langsung. Mata bayi sangat sensitif, dan terpaan langsung terhadap sinar yang begitu kuat bisa merusak penglihatannya. Kemudian, di luar kegiatan menjemur, tentunya akan ada sekali waktu di mana bayi anda mendapat terpaan matahari di luar jam-jam yang dianjurkan.

Apalagi, kalau ia sudah menginjak usia balita dan sudah senang berlari-lari terlebih lagi kalau anak anda adalah anak bandel. Dalam situasi ini, keamanan anak dari sinar matahari bisa kita pastikan dengan menjaga agar ia tidak terkena pancaran langsung sinar matahari. Jika sedang berada di mobil, pasanglah sun shade untuk menahan sinar.

Lalu, apabila sedang berada di luar, pakaikan topi. Namun, tidak perlu memakaikannya baju tebal. Bayi memproduksi panas tubuh internal, sehingga ia tidak perlu baju tebal untuk menahan angin. Apalagi, kita tinggal di negara tropis!  Panas matahari juga bisa membuat anak kehausan.

Pastikan ia cukup minum agar tidak dehidrasi. Keamanan balita dari sinar matahari juga bisa anda jamin dengan memakaikan krim tabir surya sebagai perlindungan tambahan. Selain itu, pilihlah kereta dorong yang punya ‘atap’ yang bisa ditarik, sehingga bayi terlindungi dari sinar matahari saat diajak berjalan-jalan.

Tags:

Comments (1)

 

  1. [...] sakit perut adalah hal yang biasa yang terjadi pada anak anda. Walaupun hal ini biasa terjadi, tapi penyakit bayi ini perlu penanganan yang benar agar anak anda bisa mengatasi masalah ini dengan [...]

Leave a Reply

free WP themes by nolimitswebdesign.com